Tips Perawatan Diri Sebelum Melahirkan Untuk Para Calon Ibu Milenial

Tips Perawatan Diri Sebelum Melahirkan Untuk Para Calon Ibu Milenial

Tips Perawatan Diri Sebelum Melahirkan Untuk Para Calon Ibu Milenial

Kehamilan adalah masa yang luar biasa bagi setiap moms. Apalagi jika kehamilan ini adalah pengalaman pertama moms. Pastinya banyak perasaan yang moms rasakan bukan? Ada rasa bahagia, tetapi juga ada rasa khawatir dan terkadang stress. Dengan adanya hormon yang ada di tubuh moms saat kehamilan, hal ini pun mampu mempengaruhi pikiran dan tubuh moms dengan berbagai perasaan.

Perawatan Diri Di Masa Kehamilan

Satu hal yang menjadi perhatian di masa kehamilan adalah mengenai perawatan diri. Tidak jarang ada beberapa moms yang mengalami stress dan hampir menyerah dengan proses yang dijalaninya ini, namun moms harus tetap mengkontrol kondisi dengan diri sendiri maupun dengan sang janin serta meminimalkan stress. Hal ini dalam upaya untuk menciptakan tempat yang aman dan sehat untuk pertumbuhan sang janin di dalam kandungan.

Dengan banyaknya tekanan yang moms alami di masa kehamilan untuk menjadi ibu yang sempurna, tentu saja moms akan merasa kesulitan untuk melalui masa-masa ini. Namun, jangan khawatir ya, moms. Moms bisa melewati masa-masa ini dengan baik.

3 Cara Perawatan Diri Di Masa Kehamilan

Moms tentunya tidak asing lagi dengan beberapa bentuk perawatan diri saat kehamilan yang sering disarankan, misalnya saja seperti makan yang baik dan teratur, banyak beristirahat, rutin berolahraga, dan pijat khusus untuk ibu hamil. Namun, ada bentuk perawatan diri lainnya yang berbeda dari perawatan pada umumnya di zaman modern ini,

  1. Menghindari Informasi Yang Berlebihan

Proses melahirkan telah dialami perempuan sebelum hadirnya internet. Dan tidak ada aturan yang mengatakan bahwa moms harus membaca buku, menonton video, maupun mendengarkan podcast mengenai kelahiran agar moms bisa melahirkan secara benar.

Namun, tidak sedikit dari sumber tersebut yang menyampaikan informasi secara tidak konsisten dan membuat moms menjadi stress. Jadi, kurangilah riset-riset moms sebelum kelahiran. Moms bisa rutin berkonsultasi dengan dokter dan banyak bertanya tentang masalah kelahiran serta cukup membaca satu buku yang benar-benar direkomendasikan saja, kemudian sisanya tergantung pada intuisi moms sendiri.

  1. Jangan Membandingkan Diri Moms Dengan Orang Lain

Jika moms lihat di media sosial mengenai ibu-ibu yang baru saja melahirkan dan mampu mempersiapkan segalanya dengan lengkap dan sempurna, maka jangan sampai membuat moms membandingkan diri moms sendiri dengan mereka. Hal ini hanya akan membuat moms merasa tidak mampu. Terlepas dari apakah moms melahirkan dengan cara alami maupun epidural, bisa mempersiapkan kamar bayi yang lengkap atau tidak, dan sebagainya, moms harus percaya pada diri sendiri.

  1. Beri Waktu Untuk Mendengarkan

Luangkan waktu moms untuk bisa menyesuaikan diri dengan pikiran, tubuh, dan bayi moms. Moms bisa membuat jurnal untuk menceritakan perasaan baru yang moms alami di masa ini, mengikuti kelas yoga prenatal, atau mandi dengan air hangat dan cobalah untuk mengobrol dengan bayi moms di momen tersebut.

Dengan begitu, usahakan moms tetap fokus pada apa yang moms butuhkan saja daripada harus memaksakan apa yang diberikan orang lain. Bersikaplah baik dengan diri moms sendiri dan nikmatilah apa yang menjadi pilihan moms.

X
WhatsApp Chat with us