Sering Sakit Kepala Saat Hamil? Ini Tips Amannya Untuk Moms

Sering Sakit Kepala Saat Hamil? Ini Tips Amannya Untuk Moms

Sering Sakit Kepala Saat Hamil? Ini Tips Amannya Untuk Moms

Apakah moms sering sakit kepala saat menjalani masa kehamilan? Ketika sedang tidak hamil, biasanya orang akan membeli obat sakit kepala yang banyak dijual di toko. Namun, saat moms sedang hamil, tidak bisa sembarangan obat bisa moms minum. Diketahui bahwa perempuan sering kali mengalami sakit kepala dikarenakan tegang saat trimester pertama. Kemungkinan besar dikarenakan terjadinya fluktuasi hormon dan akan reda saat trimester kedua.

Tips Mengobati Sakit Kepala Saat Hamil

  1. Mendeteksi Pemicunya

Moms bisa mendeteksi terlebih dahulu penyebab dari sakit kepala tersebut. Salah satunya dikarenakan dehidrasi. Di mana tanda-tandanya adalah urin yang berwarna kuning gelap atau moms merasa pusing. Diketahui bahwa rahim moms akan terus menggunakan banyak darah. Aliran darah uterus akan memberikan makan pada bayi moms. Jadi, jika moms kekurangan cairan, maka lebih banyak tekanan di bagian tubuh lainnya. Dan pada sebagian besar perempuan biasanya menyebabkan terjadinya sakit kepala.

  1. Pemilihan Obat Yang Aman

Kabar baik untuk moms bahwa tidak semua obat sakit kepala dilarang untuk moms minum saat sedang hamil. Moms akan dilarang untuk mengkonsumsi obat seperti ibuprofen, naproxen, dan aspirin. Namun berbeda dengan acetaminophen (Tylenol) yang banyak diresepkan dengan dosis tertentu. Moms disarankan meminumnya tidak lebih dari dua atau tiga tablet sebanyak 500 mg dalam seminggu.

  1. Menggunakan Cara Alami

Bagi moms yang selama masa kehamilan sering mengalami migrain secara intens, tentunya menjadi beban tersendiri bagi moms. Selain menggunakan obat, moms bisa menggunakan cara nonfarmakologis atau secara alami, seperti biofeedback, terapi fisik, pijat, maupun akupunktur. Dan pastikan bahwa moms juga menghindari pemicu dari migrain pribadi moms.

Moms juga bisa mencoba untuk mengurangi rasa sakitnya dengan cara meninggikan kaki, banyak meminum air, dan tidur siang selama 30 menit. Hal ini bisa menjadi cara yang moms pilih untuk meredakan rasa migrain yang menyiksa dengan cara menjauhi obat kimia saat hamil maupun saat sedang menyusui.

  1. Melakukan Perawatan 

Ketika moms sedang hamil dan mengalami sakit kepala, hal ini menimbulkan rasa dilema bagi moms. Di mana keterbatasan dalam mengkonsumsi obat, selain itu moms juga bisa mengobati rasa sakitnya dengan cara yang alami tetapi terkadang hal itu belumlah cukup sebelum moms mengkonsumsi obat sakit kepala.

Moms pun perlu untuk mengkonsultasikannya kepada dokter kandungan moms. Moms bisa menghubunginya jika perawatan yang moms lakukan tidak berhasil atau kondisinya semakin parah. Sehingga, dari dokterlah moms bisa mendapatkan pengobatan yang aman untuk moms sendiri dan juga bayi moms

Sakit kepala memang tidak mengenakkan, apalagi saat moms sedang hamil. Disamping harus menghadapi gangguan lainnya yang datang di masa kehamilan dan ditambah dengan sakit kepala. Dalam kondisi ini moms bisa menjadikan tips tersebut untuk membantu moms meredakan rasa sakitnya.

X
WhatsApp Chat with us