Selektif Memilih Makanan Yang Aman Untuk Dikonsumsi Saat Hamil

Selektif Memilih Makanan Yang Aman Untuk Dikonsumsi Saat Hamil

Selektif Memilih Makanan Yang Aman  Untuk Dikonsumsi Saat Hamil

Tahukah moms makanan apa saja yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi saat hamil? Di saat sedang hamil moms membutuhkan asupan makanan yang lebih dari biasanya sebelum moms hamil.

Namun, di saat hamil pun moms juga menemui beberapa larangan makanan yang dikonsumsi. Jadi, lebih baik moms mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi dan makanan yang harus dihindari.

  1. Daging Deli Di Roti Lapis/Sandwich

Moms tentu tidak asing lagi bukan dengan makanan praktis seperti roti lapis atau roti isi atau sering juga disebut sandwich? Di mana dalam roti ini terdapat susunan sayuran, keju, daging yang diiris, dan diletakkan di antara irisan roti. Namun, moms harus hati-hati dengan keju lunak di dalamnya yang memiliki risiko bakteri listeria berbahaya yang juga terdapat di daging segar.

Moms harus menghindari daging deli yang langsung dari konternya, namun aman jika moms mengkonsumsinya dalam kondisi yang panas atau sudah dimasak. Jika moms ingin makan sandwich kalkun, maka bisa dengan potongan daging dingin yang telah dikemas sejak dari toko yang menggunakan pendingin. Hal ini pun lebih aman untuk moms konsumsi dan kecil potensinya akan tersebarnya kuman.

  1. Keju Lunak

Hati-hati ya, moms jika akan mengkonsumsi keju di masa kehamilan moms ini. Misalnya saja seperti keju kambing, brie, camembert, keju biru, dan queso fresco Meksiko atau queso blanco yang cenderung diproduksi dari susu yang tidak dipasteurisasi, daripada keju keras seperti cheddar atau Swiss. Karena di dalam keju lunak terdapat bakteri listeria yang bisa mati saat pasteurisasi. Bakteri ini sangat berbahaya untuk janin moms dan bisa menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur.

Jadi, saat membeli keju, moms perlu memperhatikan keterangan pasteurisasi di kemasannya. Moms tidak dilarang untuk mengkonsumsi keju, baik yang keras atau pun lunak selama ada keterangan sudah dipasteurisasi. Karena di toko, banyak keju yang bisa moms beli dan sudah dalam kondisi yang dipasteurisasi

  1. Ikan Merkuri Tinggi

Ikan sangat baik untuk moms konsumsi, terutama saat sedang hamil. Namun, moms juga harus berhati-hati karena jenis ikan tertentu yang biasanya dari jenis rantai makanan teratas mengandung merkuri yang tinggi. Zat ini tentunya tidak baik untuk moms dan bayi yang dikandung.

Merkuri ini sangat berbahaya untuk saraf bayi moms yang sedang berkembang, serta mengganggu kesehatan paru-paru, ginjal, penglihatan, dan pendengaran. Ikan yang sebaiknya jangan moms konsumsi adalah hiu, todak, tilefish, king mackerel, orange roughy, kerapu, steak tuna, bass air asin, dan tuna albacore.

Tapi, moms jangan sampai menghindari makanan laut ya. Karena makanan lautlah yang akan memenuhi kebutuhan DHA yang merupakan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan perkembangan otak bayi moms. Moms bisa mengkonsumsi ikan salmon, udang, haddock, cod, catfish, flounder, sole, tilapia, dan scallop.

Jadi, pastikan untuk menjaga makanan yang moms konsumsi dengan mengetahui apa yang sebaiknya dimakan dan tidak. Jika Moms bingung lebih baik konsultasikan dengan dokter kandungan.

X
WhatsApp Chat with us