Pemasukan Berkurang Saat Pandemi? Berikut Tips Menghemat Pengeluaran untuk Moms

Pemasukan Berkurang Saat Pandemi? Berikut Tips Menghemat Pengeluaran untuk Moms

Pemasukan Berkurang Saat Pandemi? Berikut Tips Menghemat Pengeluaran untuk Moms

Sebagai orang tua yang memiliki anak dan kebutuhan rumah tangga, Moms pasti kelabakan mengatur keuangan di masa pandemi ini bukan?

Hal ini sangat wajar terjadi karena pada masa pandemi ini banyak orang yang mengalami pemotongan pemasukan tapi memiliki pengeluaran yang besar.

Hal ini disebabkan karena perubahan aktivitas dan kebiasaan menyebabkan banyak hal yang harus dipertimbangkan ulang. Contohnya dengan bekerja di rumah, biaya listrik di rumah Moms pasti akan lebih meningkat bukan? Untuk mengakalinya, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran bulanan Moms saat pandemi Covid 19 ini.

  • Buat list pengeluaran pokok bulanan

Untuk menghilangkan penghematan, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar pengeluaran tetap bulanan rumah tangga. pengeluaran bulanan rumah tangga ini dibuat dengan memasukkan biaya-biaya yang masuk pada prioritas terlebih dahulu. Contohnya tagihan bulanan seperti tagihan listrik, tagihan air dan juga biaya sekolah anak.

Setelah itu bisa membuat anggaran untuk pengeluaran rumah tangga yang lain seperti biaya tempat makan tiap hari dan juga biaya untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga yang lain seperti kebutuhan jajan si kecil. Dengan membuat biaya-biaya prioritas terlebih dahulu, akan lebih mudah bagi Moms untuk membuat anggaran biaya konsumsi harian yang sesuai dengan budget tersebut.

  • Utamakan memasak makanan sendiri dan membawa bekal

Langkah kedua yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya pengeluaran rumah tangga di era pandemi ini adalah dengan memasak makanan sendiri.

Sangat penting bagi Moms untuk mulai memasak sendiri guna mengurangi pengeluaran baik untuk rumah tangga maupun untuk jajan kecil.

Jika Moms bekerja atau ayah si kecil bekerja, juga harus membawakan bekal bagi ayah si kecil untuk meminimalisir biaya pengeluaran makan di luar saat berada di kantor.

Selain digunakan untuk menghemat, membawa bekal juga menjadi salah satu alternatif yang lebih sehat dan lebih higienis. Ingat ya Moms kondisi seperti ini sebaiknya mengutamakan kebersihan dan kesehatan makanan ya!

  • Membuat mainan yang edukatif tapi seru untuk anak Moms

Bagi Moms yang memiliki anak kecil, salah satu pengeluaran yang cukup besar untuk bulanan adalah pengeluaran dalam hal mainan untuk anak-anak. Mainan memang merupakan salah satu hal yang esensial ketika memiliki anak, akan tetapi jika membeli mainan baru secara terus-menerus hal yang akan menimbun mainan untuk anak juga dapat menyebabkan biaya pengeluaran Moms membengkak.

Oleh karena itu akan lebih baik bagi Moms untuk mencari informasi mengenai mainan-mainan edukatif yang bisa dibuat sendiri untuk sehingga Moms dapat bermain bersama dengan si kecil.

  • Meminimalisir penggunaan listrik

Langkah terakhir untuk menghemat biaya yang dikeluarkan dalam tiap bulannya, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah memperketat penggunaan listrik karena biaya listrik makin naik kerana penggunaan listrik untuk “work from home” makin besar, maka harus mulai lebih teliti dalam penggunaan listrik.

Mulai dari mematikan lampu yang tidak digunakan hingga mencabut terminal listrik yang sudah tidak digunakan menjadi sangat penting untuk menghemat daya bulanan rumah tangga.

X
WhatsApp Chat with us