Katanya Pinggul Kecil Lebih Susah Saat Melahirkan, Fakta atau Mitos?

Katanya Pinggul Kecil Lebih Susah Saat Melahirkan, Fakta atau Mitos?

Katanya Pinggul Kecil Lebih Susah Saat Melahirkan, Fakta atau Mitos?

Moms pasti pernah mendengar bahwa perempuan yang memiliki pinggul besar akan lebih mudah untuk melahirkan secara normal dibanding dengan perempuan yang berpinggul kecil? Hal ini tentu saja akan membuat sedih dan khawatir bagi calon ibu yang memiliki pinggul kecil.

Namun jangan takut dulu, Moms. Karena ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa ukuran pinggul yang menjadi keresahan sebagian besar calon ibu, terutama calon ibu yang berpinggul kecil ini tidak memiliki kaitan yang erat dengan proses melahirkan yang akan Moms jalani.

Hal Yang Pengaruhi Proses Melahirkan :

  1. Panggul

Perlu untuk Moms ketahui adalah ketika proses melahirkan nanti, buah hati Moms akan keluar melalui rahim yang melewati rongga panggul. Sehingga dalam hal ini, maka yang akan berpengaruh adalah panggul dan bukan lah pinggul.

Oleh karena itu, di dalam masa kehamilan, Moms disarankan untuk memeriksakan diri dan mengetahui ukuran panggul. Dengan mengetahuinya di awal, maka dokter akan bisa memberitahu mengenai bentuk panggul yang dimiliki oleh Moms dan juga Moms bisa tahu akan kah memungkinkan untuk melahirkan secara normal atau tidak.

Lalu, bagaimana dengan Moms yang memiliki panggul kecil? Ada suatu kondisi di mana Moms yang memiliki panggul kecil, namun sang bayi memiliki ukuran yang besar. Sehingga, biasanya caesar menjadi jalan kelahiran yang dipilih.

Hal ini dikarenakan bagi Moms yang memiliki panggul kecil dengan kondisi seperti yang disebutkan sebelumnya akan berpengaruh pada waktu kelahiran. Di mana jika menggunakan kelahiran secara normal akan membutuhkan waktu yang lama. Sehingga bisa menimbulkan risiko, baik untuk Moms atau bayi Moms.

  1. Posisi Jaringan Lunak

Panggul bukan menjadi satu-satunya yang menentukan proses kelahiran yang akan Moms jalani. Karena keberadaan jaringan lunak di rahim juga berpengaruh. Jika letak jaringan lunak ada di atas, maka tidak akan bermasalah. Namun, ketika berada di bawah, maka jalur lahir dalam kondisi tertutup. Sehingga bisa menimbulkan risiko jika melakukan proses melahirkan secara normal.

Jadi, kondisi dari ukuran pinggul baik besar atau kecil tidak mempengaruhi proses melahirkan Moms. Namun, kapasitas dari panggul lah dan posisi dari jaringan lunak yang bisa mempengaruhi proses melahirkan Moms.

Tetapi keduanya tetap dilakukan sebagai penilaian di awal dan tidak menjadi sebuah pedoman tetap yang bisa menentukan proses melahirkan. Tentunya diharapkan proses melahirkan Moms dan buah hatinya dalam kondisi yang sehat.

Nah kalau Mommies ragu tentu lebih baik konsultasikan dengan dokter kandungan dahulu, nanti jikalau memang tidak bisa melahirkan secara normal tentu diberikan alternatif solusi yang aman untuk bumil.

X
WhatsApp Chat with us