Jika Bumil Punya Hewan Peliharaan, Bagaimana Tips Tepat Menjaga Kehamilannya?

Jika Bumil Punya Hewan Peliharaan, Bagaimana Tips Tepat Menjaga Kehamilannya?

Jika Bumil Punya Hewan Peliharaan, Bagaimana Tips Tepat Menjaga Kehamilannya?

Memiliki hewan peliharaan tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi kehidupan Moms. Namun, bagi Moms yang tengah berada dalam kondisi hamil dan memiliki hewan peliharaan tentunya wajib memperhatikan beberapa hal terkait kesehatan janin.

Mengapa demikian? Karena tidak jarang diantaranya kondisi hewan peliharaan yang dapat membahayakan kesehatan janin Moms, seperti halnya bulu kucing yang menempel pada baju hamil  dan terhirup oleh ibu hamil tentunya akan berbahaya.

Untuk itu Moms perlu mewaspadai beberapa hal berikut ini : 

  1. Hindari membersihkan litter box hewan peliharaan 

Bagi anda yang tengah berada dalam kondisi hamil sangat disarankan untuk tidak mengganti atau pun membersihkan litter box dari hewan peliharaan yang anda miliki. Seperti halnya pada kotoran kucing, yang dikenal mengandung parasite berbahaya dan dapat menyebabkan toksoplasmosis. Karena itulah jika litter box telah terisi penuh, maka mintalah bantuan orang lain untuk mengganti serta membersihkannya. 

  1. Waspada akan alergi bulu 

Ketika hamil, kondisi kesehatan setiap ibu umumnya akan berubah menjadi lebih sensitif. Karena itulah tidak jarang diantaranya para ibu hamil yang terkena alergi dari bulu hewan peliharaannya.

Untuk menghadapi masalah tersebut, maka sebaiknya Moms hindari terlebih dahulu bermain dengan hewan peliharaan atau Moms dapat melakukan konsultasi dengan dokter serta menggunakan obat anti alergi yang baik dan tidak mengganggu masa kehamilan. 

  1. Bahaya akan hewan pengerat 

Ada beberapa jenis hewan pengerat yang dijadikan sebagai hewan peliharaan, seperti halnya hamster atau bahkan kelinci. Namun jenis hewan tersebut termasuk berbahaya bagi kesehatan ibu hamil, karena dapat menyebarkan virus choromeningitis limfositik, yang tentunya dapat mengakibatkan keguguran atau bahkan cacat lahir pada bayi.

Karena itulah bagi Moms yang memelihara hewan tersebut, maka pastikanlah untuk tidak membersihkan kandang hewan tersebut, atau bahkan menyentuh air liur, kotoran, serta air kencingnya. 

  1. Gigitan serta goresan 

Apabila Moms memiliki hewan peliharaan seperti halnya anjing dengan perilaku yang buruk, seperti memiliki kebiasaan mencakar atau bahkan menggigit, maka pastikanlah untuk tidak membiarkan hal tersebut terjadi pada Moms.

Mengapa demikian? Karena air liur yang dimilikinya dapat mengakibatkan beragam bentuk gangguan kesehatan pada kondisi kesehatan Moms. 

  1. Jaga kebersihan 

Selain beberapa bagian di atas tadi, pastikan pula untuk menjaga kebersihan dari tubuh yang Moms.

Dengan kata lain, ketika Moms telah melakukan kontak dengan hewan peliharaan, seperti menyentuh atau bahkan bermain dengannya, maka pastikanlah untuk membersihkan diri Moms dengan sebaik mungkin, termasuk membersihkan pakaian hamil  yang Moms gunakan.

Dengan demikian beragam bentuk masalah kesehatan yang diakibatkan oleh bulu-bulu hewan atau bahkan  air liur serta kotoran yang dimilikinya pun dapat Moms hindari. 

Beberapa tips diatas semoga bermanfaat agar kehamilan Moms tetap sehat dengan kehadiran hewan peliharaan di sekitar Moms ya….

Sumber : 

https://doktersehat.com/5-hal-yang-perlu-diwaspadai-bumil-terhadap-hewan-peliharaan/

X
WhatsApp Chat with us