Jangan Panik, Berikut Tips Mengasuh buat Moms yang Baru Melahirkan!

Jangan Panik, Berikut Tips Mengasuh buat Moms yang Baru Melahirkan!

Jangan Panik, Berikut Tips Mengasuh buat Moms yang Baru Melahirkan!

Cemas, deg-degan, hingga panik biasa dirasakan para ibu yang baru menyambut kelahiran anak pertama. Sayangnya, tak semua ibu mampu mengendalikan aliran emosi tersebut dan berakhir melakukan kesalahan-kesalahan saat merawat sang buah hati.

Moms sebenarnya bisa mengantisipasi kemungkinan tersebut dengan persiapan matang. Langkah-langkah di bawah ini dapat Moms jadikan panduan agar lebih siap menghadapi si Kecil nanti.

  • Memandikan bayi

Mau di ember khusus atau baby bather? Semuanya kembali lagi pada kenyamanan Moms dan bayi. Satu hal yang pasti, Moms harus hati-hati saat meletakkan si Kecil. Bersihkan bagian-bagian tubuh seperti telinga, hidung, lipatan kulit, siku, dan kepala menggunakan washlap. Pakai sabun khusus bayi yang kandungannya sudah diformula untuk jenis kulit mereka yang masih sensitif. Pastikan juga bayi dalam kondisi terjaga saat dimandikan.

  • Menyusui bayi

Ibu-ibu baru kerap kebingungan saat hendak menyusui sang new born. Untuk meredakan kepanikan, Moms harus memperkaya pengetahuan seputar ASI sejak masih mengandung atau merencanakan program kehamilan. Kenali juga jenis makanan yang bisa membantu Moms memproduksi ASI yang cukup sekaligus sehat buat si Kecil. Mengenakan baju menyusui yang longgar dan sejuk juga dapat membuat Moms lebih santai.

  • BAK dan BAB

Salah satu indikator kecukupan ASI adalah dari air kencing dan feses yang dikeluarkan bayi. Pada awalnya, feses yang dikeluarkan akan berwarna hitam. Namun, Moms tak usah cemas, terutama kalau selanjutnya bentuk feses menjadi butiran dengan tekstur lebih lembek. Membersihkan si Kecil yang baru BAK dan BAB pun terbilang mudah. Seka kotoran dari area kemaluan menuju dubur memakai kapas bulat yang sudah dibasahi, lalu ganti sampai bersih dan pakaikan popok baru.

  • Jam istirahat bayi

Siapkan tempat tidur atau boks nyaman yang akan ditempati bayi. Moms mungkin bakal grogi saat kali pertama menidurkan si Kecil. Usir perasaan tersebut dan buatlah suasana yang nyaman supaya Moms dan bayi sama-sama beristirahat. Dengan begitu, Moms juga bakal lebih mudah menentukan jam tidur untuk bayi.

X
WhatsApp Chat with us