Ingin Menyerah Saat Mengajar Anak di Rumah? Yuk, Coba 3 Cara Ini!

Ingin Menyerah Saat Mengajar Anak di Rumah? Yuk, Coba 3 Cara Ini!

Ingin Menyerah Saat Mengajar Anak di Rumah? Yuk, Coba 3 Cara Ini!

Moms, belajar di rumah bukan hanya menantang bagi orang tua, tapi juga bagi anak, lho! Karena itu, kalau Moms memutuskan untuk menyerah saat membimbing buah hati belajar dari rumah, hal ini tentu akan berakibat pada semangat dan performa belajar anak.

Tapi, bagaimana ya caranya agar Moms bisa melawan rasa ingin menyerah dalam kondisi seperti ini?

Tenang saja, karena ada 3 tips berikut ini yang bisa Moms coba, lho! Jadi, tunggu apa lagi? Simak tipsnya berikut ini, yuk!

  • Belajar di Rumah Bukan Sekadar Memindahkan Tugas

Meskipun hal ini juga perlu dipahami guru, Moms juga perlu mengerti aspek yang satu ini. Sebab, proses belajar yang penuh makna tak sekadar menyuruh anak menyelesaikan PR atau tugas dari guru, tapi juga proses belajar yang datang dari rumah atau keluarga. Contohnya dengan mengajak buah hati Moms mengeksplorasi hal-hal di rumah dan sekitarnya.

  • Komunikasi Dua Arah dengan Guru

Guru sebagai pendidik di ranah pendidikan formal dan Moms sebagai pendidik di rumah juga perlu menjalin komunikasi yang baik serta berkualitas. Maksudnya, guru tak sekadar menanyakan kepada orang tua apakah PR sudah dikerjakan, tapi juga menanyakan kesulitan yang dihadapi di rumah.

Selain itu, Moms juga bisa menghubungi guru bukan hanya untuk menanyakan PR, tapi juga berdiskusi soal kebiasaan buah hati di kelas serta tips mengajar dari guru untuk dicoba di rumah.

Oh iya, Moms juga bisa ajak anak ke dalam sesi sharing dengan guru secara rutin, misal seminggu sekali agar anak juga mengungkapkan kepada guru apa perasaan hingga kesulitan yang ia alami selama harus belajar dari rumah.

  • Metode Belajar yang Berbeda

Agar proses belajar di rumah tidak terasa “menyiksa” atau membebani buah hati, Moms bisa buat aktivitas belajar jadi lebih seru untuk anak, misalnya dengan melibatkan aktifitas favoritnya. Akan tetapi, pastikan bahwa Moms sudah berkonsultasi dengan guru agar metode yang digunakan tetap sejalan dengan tujuan pembelajaran ya, Moms!

 

 

X
WhatsApp Chat with us