Ibu Hamil Rentan Jatuh, Ini 4 Cara Efektif Mencegahnya

Ibu Hamil Rentan Jatuh, Ini 4 Cara Efektif Mencegahnya

Ibu Hamil Rentan Jatuh, Ini 4 Cara Efektif Mencegahnya

Moms yang sedang hamil tentunya harus ekstra hati-hati saat sedang beraktivitas agar tidak terjadi kecelakaan yang membahayakan moms dan bayi moms. Karena jika suatu hal terjadi, maka moms bisa saja mengalami keguguran atau kelahiran yang belum pada waktunya. Oleh karena itu, moms perlu untuk mengetahui cara apa saja yang harus dilakukan untuk bisa terhindar dari jatuh.

Cara Efektif Agar Tidak Jatuh Saat Hamil

  1. Menjaga Kondisi Rumah Agar Aman Untuk Akses Ibu Hamil

Meskipun di dalam rumah, ada berbagai bahaya yang bisa moms alami di masa kehamilan. Dan walaupun bayi yang moms kandung terlindungi dengan baik di dalam rahim, namun jika terjadi benturan yang cukup keras, maka bisa menyebabkan keguguran. Sehingga penting sekali untuk menjaga kondisi rumah tetap aman. Misalnya saja mengatur kabel agar tidak berada di jalan yang sering dilewati yang bisa menyebabkan terjatuh saat berjalan.

Kemudian karpet yang ada di rumah moms, pastikan tidak licin dengan meletakkan selotip di bagian bawahnya. Lalu untuk kamar mandi gunakanlah keset yang anti selip dan menjaga lantai tetap kering agar tidak terpeleset. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pencahayaan di tempat tertentu yang kurang pencahayaannya.

  1. Waspada Dengan Lingkungan Sekitar

Saat moms sedang berjalan, baik di dalam rumah maupun di luar rumah maka tetaplah fokus dan selalu waspada dengan lingkungan sekitar. Karena ada banyak hal yang bisa berpotensi membuat moms terjatuh. Misalnya saja adanya hewan yang tiba-tiba berlari di depan moms, adanya retakan di trotoar, dan lubang di jalan yang bisa membahayakan moms.

Selain itu, saat sedang musim hujan selalu perhatikanlah langkah moms agar tidak terpeleset. Berjalanlah dengan perlahan dan hati-hati. Usahakan tidak berjalan di permukaan yang tinggi maupun memanjat kursi untuk mengambil atau melakukan sesuatu di ketinggian. Dan ketika moms akan naik ke lantai dua, maka saat melalui tangga berpeganglah pada pegangannya agar tubuh moms tetap stabil.

  1. Pilih Sepatu Yang Nyaman

Jika sebelum hamil moms bisa menggunakan sepatu hak tinggi, maka saat sedang hamil bukan lagi waktunya moms menggunakan sepatu itu. Moms bisa memilih sepatu dengan alas rata, seperti kets maupun flat shoes. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan ukuran kaki moms secara benar agar nyaman digunakan. Karena biasanya saat sedang hamil, ukuran kaki moms akan berbeda atau lebih besar dibanding sebelum hamil.

  1. Mencegah Terjadinya Pusing

Saat moms sedang hamil, potensi merasa pusing sering kali terjadi. Dan pusing ini bisa membuat moms sewaktu-waktu terjatuh. Pusing tersebut bisa karena dehidrasi, kepanasan, turunnya gula darah, tekanan darah rendah, dan berdiri terlalu lama.

Oleh karena itu, untuk mencegah rasa pusing, moms perlu mengenakan pakaian yang longgar dengan warna yang cerah, minum air secara cukup, sediakan selalu camilan moms, dan sesekali tubuh moms harus diubah posisinya agar tubuh moms bisa menyesuaikan diri.

Melalui cara-cara tersebut, hal ini efektif untuk mencegah moms dari jatuh saat sedang hamil. Namun, jika sewaktu-waktu moms mengalami hal yang tidak diinginkan tersebut, segeralah untuk menghubungi dokter dan pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dan memastikan bahwa moms dan bayi moms baik-baik saja.

X
WhatsApp Chat with us