Belum Ada Bukti Pasti, Ibu Menyusui Tidak Boleh Gunakan Deodoran?

Belum Ada Bukti Pasti, Ibu Menyusui Tidak Boleh Gunakan Deodoran?

Belum Ada Bukti Pasti, Ibu Menyusui Tidak Boleh Gunakan Deodoran?

Bagi Moms yang sedang menjalani fase menyusui buah hatinya, tentu hal tersebut menjadi sebuah momen penting dan quality time antara Moms dan sang buah hati. Namun di samping itu, Moms juga pastinya ingin tetap menjaga penampilan yang salah satunya adalah menjaga dari adanya bau badan.

Sehingga, walaupun sibuk merawat sang buah hati dan masih sering memberikan ASI maunya tetap menebarkan aroma yang harum. Tetapi tidak sedikit informasi yang beredar di sekitar membuat Moms ragu untuk menggunakan deodoran yang merupakan produk andalan untuk menghilangkan bau badan tersebut karena kandungan zat kimia yang terkandung di dalamnya.

Zat kimia yang dimaksud dan menimbulkan kekhawatiran itu adalah aluminium chloride. Karena ada beberapa deodoran yang menggunakan zat tersebut pada produknya sebagai antikeringat. Namun, yang perlu untuk Moms ketahui bahwa aluminium chloride ini belum dapat dipastikan akan pengaruhnya pada ibu yang sedang menyusui.

Karena masih ada pro dan kontra, antara yang membolehkan dan tidak membolehkan. Dengan begitu, Moms boleh menggunakan deodoran sebagai anti keringat dan mengurangi bau badan yang ditimbulkan. Namun tetap digunakan dengan ukuran yang sewajarnya saja.

Upaya Lain Selain Gunakan Deodoran

Untuk bisa mengurangi bau badan yang ditimbulkan tersebut dan biasanya membuat sebagian besar perempuan merasa tidak nyaman, Moms bisa mengupayakannya dengan cara lain.

  1. Mengganti Baju

Ketika baju menyusui Moms sudah basah oleh keringat, maka segerakan untuk menggantinya dengan yang kering agar tidak menimbulkan aroma yang tidak sedap.

  1. Mandi 2 Kali Sehari

Jangan lupa untuk mandi paling tidak sehari 2 kali. Hal ini akan membantu Moms agar lebih segar dan terhindar dari bakteri serta keringat yang membuat tidak nyaman.

  1. Pola Hidup Sehat

Moms juga bisa menerapkan pola hidup yang sehat dengan menyempatkan diri berolahraga di tengah kesibukan merawat sang buah hati dan yang tidak kalah penting adalah dengan memenuhi kebutuhan air putih secukupnya serta mengonsumsi makan-makanan yang bergizi. Seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Selain memberikan efek sehat pada diri Moms, Moms juga bisa memberikan ASI terbaik untuk sang buah hati.

Dengan demikian, karena belum adanya bukti penelitian akan dampak dari pemakaian deodoran pada ibu menyusui, maka Moms tetap dapat menggunakannya. Tetapi tetap gunakan secara secukupnya saja dan selalu terapkan pola hidup yang bersih dan sehat ya, Moms.

 

X
WhatsApp Chat with us