Apakah Ibu Positif Corona Boleh Tetap Memberikan ASI Si Kecil?

Apakah Ibu Positif Corona Boleh Tetap Memberikan ASI Si Kecil?

Apakah Ibu Positif Corona Boleh Tetap Memberikan ASI Si Kecil?

Sebagai seorang ibu yang baru saja melahirkan buah hati tercinta, tentu Mommies ingin memberikan perhatian terbaik bagi si mungil, kan? Akan tetapi, pandemi Covid-19 saat ini bisa jadi membuat Mommies jadi khawatir karena tidak bisa mencurahkan kasih sayang dan perhatian seutuhnya kepada buah hati. Salah satunya adalah kekhawatiran saat menyusui anak, apalagi jika Mommies telah dinyatakan positif Covid-19.

Jadi, apakah aman bagi Mommies untuk tetap menyusui sang bayi meskipun Mommies sudah dinyatakan positif Covid-19?

Seperti yang sudah Mommies ketahui, penularan virus corona bisa terjadi antar individu lewat percikan air liur (droplet) dari orang yang telah terinfeksi ketika ia bersin atau batuk. Jika percikan tersebut dihirup oleh orang lain, virus akan masuk ke dalam tubuh. Sayangnya, gejala Covid-19 sendiri baru akan muncul dalam kisaran 2-14 hari sesudah ia terjangkit virus tersebut.

Dalam kasus ibu menyusui seperti Mommies, bisa jadi ibu tidak menunjukkan adanya gejala, atau sekadar mengalami gejala ringan mirip seperti flu. Hanya saja, dalam kasus yang lebih parah, ibu menyusui pun dapat menunjukkan gejala yang lebih serius lho Mommies!

Gejala tersebut meliputi:

  • Demam melebihi 38 derajat Celcius.

  • Batuk kering.

  • Lemas.

  • Sesak napas.

  • Nyeri otot.

  • Nyeri tenggorokan.

Di samping itu, masih ada beberapa gejala lain yang jarang ditemui, tapi juga tidak boleh disepelekan, Mommies. Contohnya mual, muntah, dan diare. Jadi, apabila Mommies merasa melakukan kontak dengan orang lain yang sudah terinfeksi, segera periksakan diri demi diri Mommies sendiri, si kecil, dan keluarga, ya!

Kemudian, apakah bayi Mommies dapat tertular Covid-19 lewat ASI? Jawabannya sendiri masih belum diketahui dengan pasti. Meski demikian, Centers for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat telah menjelaskan bahwa studi yang mereka lakukan sejauh ini menunjukkan bahwa virus corona tidak ditemukan di dalam ASI dari wanita yang positif Covid-19.

Karenanya, Mommies bisa bernapas dengan lebih lega karena artinya Mommies tetap bisa memberikan ASI kepada si kecil, kan? Apalagi, WHO juga menyatakan kalau ibu yang positif Covid-19 masih dapat menyusui anaknya.

Hanya saja, Mommies tetap wajib memerhatikan kebersihan selama berinteraksi dengan si kecil, termasuk saat menyusui, ya! Berdasarkan panduan dari Kementerian Kesehatan dan WHO untuk ibu menyusui yang terinfeksi Covid-19, Mommies perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  • Gunakan masker saat berinteraksi dengan bayi, termasuk menyusui.

  • Cuci tangan sebelum dan setelah menyentuh bayi.

  • Rutin membersihkan dan disinfeksi permukaan benda yang sering Mommies dan si kecil sentuh.

Dan apabila Mommies merasa tidak cukup sehat untuk menyusui si kecil secara langsung atau harus melakukan isolasi diri, Mommies sangat dianjurkan untuk memberikan ASI peran (memompa ASI). Ketika memberikan ASI perah, perhatikan hal-hal berikut ini ya, Mommies:

  • Perhatikan kebersihan saat memerah/memompa ASI.

  • Gunakan wadah atau botol susu bersih.

  • Gunakan wadah yang tepat sebagai tempat penyimpanan ASI perah.

Jika Mommies masih punya pertanyaan atau bingung, sebaiknya konsultasikan lagi dengan dokter anak untuk informasi lebih detail secara medis.

X
WhatsApp Chat with us