Apa Saja Yang Harus Moms Lakukan Di Trimester Pertama?

Apa Saja Yang Harus Moms Lakukan Di Trimester Pertama?

Apa Saja Yang Harus Moms Lakukan Di Trimester Pertama?

Perasaan seperti apa yang moms rasakan di masa kehamilan ini? Masa kehamilan terkadang membuat moms merasa bingung dan kesulitan untuk mempersiapkan segalanya. Tetapi, moms mempunyai waktu selama 9 bulan yang bisa moms gunakan untuk mempelajari berbagai cara merawat diri berikut ini.

  1. Memperhatikan Perasaan Moms Sendiri

Tentu banyak sekali perasaan yang moms rasakan untuk menyambut momen besar di kehidupan moms ini. Di momen inilah moms akan merasakan berbagai emosi. Moms bisa mencoba untuk mulai membuat jurnal kehamilan sejak awal dan melihat perubahan bentuk perut moms seiring berjalannya waktu untuk bisa menyesuaikan diri. Saat moms merasa sangat bahagia, bisa saja suami moms dalam perasaan yang gugup menyambutnya. Namun, moms perlu mencoba menghargai perasaan itu dan menjalin komunikasi untuk menyampaikan perasaan moms sendiri.

  1. Hubungi Dokter Kandungan Moms

Penting bagi moms untuk menghubungi dokter kandungan moms dan menjadwalkan pemeriksaan pertama moms. Selain itu penting juga untuk merencanakan asuransi kesehatan yang bisa membantu moms menentukan rumah sakit dengan fasilitas persalinan serta dokter yang cocok untuk moms. Tanyakan juga pada dokter mengenai pemberian vaksin dan apapun yang moms butuhkan. Tanyakan kepada dokter juga perihal mengatasi mual saat trimester pertama yang biasa dialami oleh bumil.

  1. Memutuskan Memberitahu Kehamilan

Kabar bahagia ini terkadang membuat moms tidak sabar untuk memberitahukan kepada orang lain. Namun, banyak moms yang menunggu sampai 12 minggu baru memberitahu kabar tersebut. Bahkan untuk moms yang bekerja, maka akan memberitahu kabar kehamilan pada atasannya saat masuk trimester pertama. Namun, moms juga perlu untuk memberitahu atasan lebih awal dengan adanya kondisi kehamilan, seperti morning sickness yang dengan begitu moms akan memperoleh cuti melahirkan.

  1. Merencanakan Diet Prenatal Yang Sehat

Karena kini moms memiliki calon bayi, maka moms tidak hanya memberi makan untuk diri moms sendiri, tetapi untuk dua orang. Dengan begitu, moms perlu untuk mengkonsultasikan dengan dokter kandungan moms mengenai makanan yang sehat untuk moms dan calon bayi. Mencatat daftar makanan apa saja yang perlu dihindari dan moms juga tidak perlu khawatir jika sebelumnya sudah mengkonsumsi makanan yang dihindari tersebut sebelum mengetahui bahwa moms sedang hamil.

  1. Mencari Informasi Tentang Hal Yang Harus Dihindari

Selain makanan, ada hal yang perlu moms cari tahu untuk dihindari di masa kehamilan ini. Misalnya menghindari zat-zat yang berbahaya, lingkungan yang berbahaya, pekerjaan rumah tangga yang terlalu berat, tips merawat hewan peliharaan agar tidak terkena virus tertentu, menghindari rokok, serta membatasi konsumsi alkohol.

  1. Latihan Rutin

Olahraga bisa membantu mengelola perasaan moms sampai mengatur berat badan. Di trimester pertama, moms bisa melakukan olahraga apa saja selama menghindari untuk mengangkat beban berat, menimbulkan potensi terjatuh, kondisi panas yang ekstrim, dan memutar perut. Berjalan dan berenang menjadi olahraga yang ideal di masa kehamilan moms ini. Moms juga bisa mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan untuk menentukan olahraga rutin apa yang baik dilakukan.

Dengan menjalankan beberapa perawatan diri di masa kehamilan tersebut, hal ini akan membantu moms untuk bisa lebih mengelola diri sendiri akan apa yang harus dilakukan. Sehingga hal ini mampu mengurangi kekhawatiran moms dan bisa membuat moms lebih siap dalam menghadapi momen luar biasa ini.

X
WhatsApp Chat with us