Anak Susah Belajar? Terapkan 6 Tip dari Praktisi Parenting Ini!

Anak Susah Belajar? Terapkan 6 Tip dari Praktisi Parenting Ini!

Anak Susah Belajar? Terapkan 6 Tip dari Praktisi Parenting Ini!

Ketika anak memasuki fase susah diatur, orangtua bakal kebingungan mencari cara yang buat mendisiplinkan mereka. Terutama saat si Kecil sudah masuk usia sekolah dan harus belajar untuk memahami materi-materi yang diajarkan gurunya.

Praktisi parenting profesional Edy Wiyono mengatakan ada enam langkah yang bisa Moms terapkan untuk membuat anak semangat dan mandiri belajar.

1. Menentukan jam belajar

Fase-fase belajar yang dilewati anak pada setiap tingkat pendidikan tak akan sama. Meski begitu, Moms masih bisa menentukan jam belajarnya sesuai durasi, misalnya dua jam sehari. Kalau di Kecil sudah terbiasa, mereka tak akan kesulitan dalam mengaplikasikannya.

2. Jangan paksa anak terus belajar

Paksaan, bahkan untuk belajar, tak dianjurkan. Selain membuat anak kurang nyaman, mereka juga akan menganggap belajar sebagai kegiatan yang menakutkan. Kalaupun durasi belajarnya panjang, berikan jeda istirahat 15-30 menit.

3. Ciptakan rutinitas untuk anak

Apa anak mengikuti bimbel atau kegiatan lain di luar jam sekolah? Rencanakan rutinitas yang akan membantu si Kecil membiasakan dirinya dengan jadwal. Dengan begitu, anak masih bisa bermain tanpa mengabaikan jam belajarnya.

4. Matikan gawai selama belajar

Gawai seperti smartphone menjadi salah satu distraksi yang membuat anak sulit fokus pada materi pelajaran. Jauhkan gangguan-gangguan tersebut dari tempat belajar si Kecil dan buat lingkungan yang meningkatkan konsentrasinya.

5. Beri saran saat dibutuhkan

Tanyakan aktivitas anak selama berada di sekolah. Dengarkan cerita yang dibagikan si Kecil, termasuk kesulitan yang dirasakan selama belajar. Kemudian setelah selesai, Moms bisa berikan saran apabila dibutuhkan dan bimbing anak buat menyelesaikan masalahnya.

6. Bangun interaksi dengan anak

Pantau perkembangan anak selama di sekolah dengan menanyakan aktivitasnya. Dalam hal ini, perluas subjek dari sekadar pekerjaan rumah. Misalnya saja dengan cara guru menyampaikan materi dan bagaimana si Kecil membangun pertemanan dengan kawan-kawan sekelasnya.

Itulah enam tip yang bisa Moms aplikasikan supaya anak lebih nyaman belajar. Semoga si Kecil tak lagi mengeluh saat diminta buat belajar, ya!

 

X
WhatsApp Chat with us