6 (Enam) Tips Mengatasi Kegerahan untuk Bumil

6 (Enam) Tips Mengatasi Kegerahan untuk Bumil

6 (Enam)  Tips Mengatasi Kegerahan untuk Bumil

Hai bumil yang suka kegerahan walaupun sudah di ruangan ber AC, gpp kok Moms….karena memang saat hamil kondisi Moms berbeda dengan orang biasa.

Perubahan hormon dan metabolisme, peningkatan volume darah sampai 40%, dan pertumbuhan janin adalah sejumlah faktor yang membuat para bumil cepat gerah. Kenaikan berat badan pun tak jarang bikin Moms kepanasan mengingat tubuh berupaya lebih keras buat mempertahankan suhunya.

Tak mau kegiatan sehari-hari terganggu hanya karena kegerahan? 6 (Enam) tip berikut akan membantu Anda menjaga temperatur tubuh selama kehamilan berlangsung tanpa membahayakan kesehatan.

  1. Rutin minum air putih

Kebutuhan air putih akan mengalami peningkatan saat Moms hamil. Setidaknya bumil wajib minum air putih 6-8 gelas per hari dan bisa bertambah kalau cuaca sedang sangat panas. Agar Moms tak mudah kehausan atau mengalami dehidrasi, selalu pastikan asupan air putih mencukupi. Asupan air yang sesuai pun akan menghindari pembengkakkan pada pergelangan kaki.

  1. Konsumsi buah-buahan dengan kandungan air banyak

Minum soft drink atau minuman kemasan dingin lain memang ampuh mengusir gerah, tetapi apakah aman buat ibu hamil? Daripada mengonsumsi minuman dengan kandungan gula tinggi, lebih baik Moms ganti dengan buah-buahan sehat kaya air seperti semangka, jeruk, melon, dan timun. Selain aman, gula yang terkandung dalam makanan-makanan ini pun tak akan membahayakan janin.

  1. Memakai baju longgar

Selama mengandung, Moms disarankan buat mengenakan baju hamil dan menyusui yang nyaman. Pastikan pakaian hamil yang Moms pilih terbuat dari bahan yang sejuk dan longgar. Jadi, Moms pun tidak akan mudah berkeringat saat beraktivitas di tengah cuaca terik. Pastikan Moms membeli pakaian hamil dalam jumlah yang mencukupi untuk penambahan ukuran tubuh.

  1. Siapkan kipas angin dan botol semprot

Langkah berikutnya yang bakal menyelamatkan Moms dari suhu ekstrim adalah menyiapkan kipas angin portabel dan botol semprot. Keduanya dapat dijadikan opsi alternatif kalau Moms kurang cocok dengan pendingin ruangan atau sedang berada di tempat yang tak dilengkapi alat tersebut. Selain praktis, kipas angin dan botol semprot juga aman buat bumil.

  1. Suhu ruangan sejuk

Sudah memakai baju hamil nyaman, tetapi masih kegerahan? Bisa jadi faktornya datang dari ruangan yang Moms tempati. Di kota-kota besar, instalasi pendingin ruangan justru akan membuat bumil gerah atau mengalami keluhan tertentu. Moms dapat membuat ruangan sejuk dengan membersihkannya, menata ulang furnitur, dan membuka jendela untuk menjaga sirkulasi udara.

  1. Selalu membawa payung

Paparan sinar matahari dalam waktu lama berisiko bikin bumil pusing atau berkunang-kunang, lho. Untuk mencegahnya, siapkan payung saat Anda akan pergi ke luar ruangan. Ya, payung tak selamanya identik dengan cuaca hujan. Menggunakan payung setidaknya akan menghalangi sinar matahari agar tak langsung mengenai tubuh.

Mudah-mudahan Anda tak kegerahan lagi, ya!

X
WhatsApp Chat with us