5 (Lima) Cara Moms untuk Mengapresiasi Diri Sendiri

5 (Lima) Cara Moms untuk Mengapresiasi Diri Sendiri

5 (Lima) Cara Moms untuk Mengapresiasi Diri Sendiri

Menjadi seorang ibu memang sebuah gelar dan pekerjaan yang luar biasa. Pentingnya peran seorang ibu juga sudah tak perlu lagi diragukan lagi.

Hanya saja, tak jarang para ibu merasa kurang dihargai atau diapresiasi, terutama karena orang-orang beranggapan bahwa menjadi ibu adalah sebuah pekerjaan yang “sepele”.

Kalau Moms juga mengalaminya, Moms tak perlu khawatir. Kami akan berbagi beberapa cara yang bisa Moms lakukan untuk mengapresiasi diri sendiri.

Sebab, jika Moms termakan omongan orang-orang yang meremehkan pekerjaan Moms sebagai seorang ibu, bagaimana Moms bisa merasa bangga dengan identitas diri Moms yang sebenarnya begitu luar biasa, kan?

1.  Menginginkan Apresiasi adalah Hal Normal

Moms tak perlu merasa malu karena merasa bahwa Moms ingin dihargai atau diapresiasi atas segala sesuatu yang Moms lakukan untuk keluarga. Justru, perasaan tersebut sebenarnya sangat normal, dan bahkan sehat bagi hati Moms.

2.    Berbagi dengan Ibu Lainnya

Siapa lagi yang bisa memahami perasaan Moms sepenuhnya kalau bukan sesama ibu? Dengan mencurahkan dan saling berbagi perasaan dengan teman-teman sesama ibu, Moms justru bisa melihat sisi terang dari berbagai situasi. Dengan begitu, Moms juga memperoleh dukungan untuk menguatkan hati dan mental Moms selama beraktivitas sehari-hari dan menjalankan peran Moms sebagai seorang ibu di rumah.

3.    Beri Tahu Apa yang Moms Inginkan

Sampaikan dengan jelas apa yang Moms inginkan kepada pasangan, langsung “to the point”. Sebab, Moms juga berhak untuk diapresiasi atas pekerjaan yang Moms lakukan dan peran Moms dalam keluarga sebagai seorang ibu.

Jika suami memang menunjukkan apresiasinya kepada Moms, bahkan tanpa Moms memintanya, balaslah dengan mengapresiasi pasangan sebagai seorang suami dan ayah di dalam keluarga. Pada dasarnya, apresiasi adalah bentuk timbal-balik yang saling diberi dan diterima.

Kepada sang anak, Moms perlu mengajarkan kepada mereka soal perasaan – bahwa seorang ibu juga punya perasaan dan perlu dihargai, bahkan sesederhana ucapan terima kasih. Dengan mengajarkan anak soal topik ini, Moms juga membentuknya menjadi pribadi yang lebih empatik dan tahu terima kasih.

4.    Tunjukkan Apresiasi

Pada dasarnya, apresiasi adalah sebuah bentuk cinta, dan keinginan untuk diapresiasi berarti juga keinginan untuk mendapatkan sebuah jenis cinta. Jika Moms memberikan apresiasi kepada seseorang atau menunjukkannya terang-terangan, Moms bukan hanya memberi contoh bagi keluarga, tapi juga memberikan cinta yang Moms butuhkan, meskipun dalam jumlah yang kecil.

Memberikan apresiasi kepada pasangan dan keluarga sebenarnya juga merupakan salah satu bentuk apresiasi pada diri sendiri, yang mengingatkan Moms pada perasaan penuh cinta dan kehangatan yang Moms inginkan.

5.    Terakhir, Apresiasi Diri Sendiri

Tak perlu ragu untuk memberikan ucapan terima kasih dan selamat kepada sendiri. Ingatkan diri Moms sendiri bahwa Moms adalah seorang ibu yang bertanggung jawab dan seberapa besar cinta Moms kepada suami dan anak.

Malah, langkah ini jangan sampai Moms lewatkan. Karena pada akhirnya, hanya diri Moms sendiri yang tahu seberapa banyak yang Moms lakukan serta seberapa hebat apa yang telah Moms perbuat selama ini. Jadi, luangkan waktu barang sejenak untuk mengakui pentingnya peran Moms sebagai seorang ibu.

 

X
WhatsApp Chat with us