4 (Empat) Hal Yang Membuat Bayi “Happy” di Dalam Janin

4 (Empat) Hal Yang Membuat Bayi “Happy” di Dalam Janin

4 (Empat) Hal Yang Membuat Bayi “Happy” di Dalam Janin

Semangat pagi bumil…..yang lagi baper gak jelas hmmmm…. memang wajar kok moms karena bumil seringkali mengalami fluktuasi hormon sehingga suasana hati bumil kurang stabil.

Tapi kondisi itu bisa mempengaruhi kondisi janin lho dan bisa juga dampaknya dirasakan suami dan kerabat keluarga yang mendampingi Moms.

Namun, Moms bisa menyiasatinya agar mood terus bahagia. Kabar bagusnya, Moms dapat menularkan hal tersebut kepada sang jabang bayi dalam kandungan. Untuk lebih lengkapnya, Moms dapat ikuti  empat langkah berikut ini :

  1. Usap perut dan ajak bicara

Kebiasaan ini mungkin tak asing untuk bumil, tetapi Moms dapat mengoptimalkannya supaya janin lebih bahagia. Sembari mengelus perut, sesekali berikan pijatan dengan memakai pelembab khusus atau minyak zaitun kalau Moms ingin sekaligus menjaga kesehatan kulit.

Kemudian, mengajak bicara janin akan membuatnya akrab dengan suara Moms dan pasangan. Ajak obrol bayi dalam kandungan dengan nada yang menenangkan. Jika belum terbiasa, mulailah dengan sapaan seperti selamat pagi atau menyenandungkan lagu favorit.

  1. Tertawa lepas

Tahukah Moms kalau janin dalam kandungan dapat tersenyum hingga tertawa? Berdasarkan sebuah penelitian, para bumil yang kerap tertawa lepas pun akan membantu Moms menurunkan tekanan darah hingga mengurangi risiko jantung negatif pada janin yang sedang dikandung.

Energi positif yang dikeluarkan tawa ibu hamil rupanya akan terbawa sampai ke plasenta. Kalau Moms melakukan pemeriksaan USG dalam mood yang baik dan tertawa tanpa paksaan, Moms akan melihat janin memberikan respons dengan aktif bergerak naik-turun.

  1. Jalan kaki dan berenang

Olahraga buat bumil bukan cuma menyehatkan, tetapi juga membuat mood janin bahagia. Moms bisa memulainya dengan jalan kaki selama 20-30 menit setiap hari. Kenakan baju hamil nyaman dan alas kaki yang bakal menghindari pembengkakkan atau lecet pada permukaan kulit.

Jenis olahraga lain yang tak kalah bermanfaat buat ibu hamil adalah berenang. Olahraga air ini akan membuat Moms lebih tenang dan cenderung disukai janin dalam kandungan. Gerakan-gerakan yang Moms lakukan selama berenang pun akan melancarkan aliran darah serta membuat janin senang.

  1. Menghindari stres

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ibu hamil rentan mengalami stres atau tertekan, terutama bagi Moms yang kali pertama mengandung. Namun, ada baiknya Moms mulai belajar mengelola stres agar menghindari dampak buruk depresi berkepanjangan.

Lantas, bagaimana cara Moms menekan risiko stres selama mengandung? Moms dapat mulai dengan menjaga asupan makan dan mengelola waktu tidur. Hindari juga pemicu stres supaya janin di dalam rahim tak akan ikut merasakan emosi Moms yang kurang stabil.

Moms dapat meminta bantuan dari pasangan dan keluarga untuk menciptakan lingkungan sehat saat kehamilan berlangsung. Jadi, baik Moms dan janin akan sama-sama happy sampai persalinan tiba. Happy pregnancy, XOXO

X
WhatsApp Chat with us