4 (Empat) Manfaat Bagi Bumil Jika Rutin Senam Hamil

4 (Empat) Manfaat Bagi Bumil Jika Rutin Senam Hamil

4 (Empat) Manfaat Bagi Bumil Jika Rutin Senam Hamil

Mommies yang lagi mager…hayoo….olahraga yuk, jangan mager ya.

Masa kehamilan jangan jadi alasan untuk terus berdiam diri dan terus-terusan rebahan. Justru, ibu hamil juga perlu tetap menjaga fisiknya senantiasa aktif dengan berolahraga, yang pastinya sudah dipilih berdasarkan kondisi tubuh serta kandungannya.

Nah, salah satu olahraga yang sering direkomendasikan kepada para ibu hamil adalah senam hamil, yang saat ini nampaknya sedang menjadi tren terutama di kalangan para ibu hamil yang masih muda. Pasalnya, senam hamil – apalagi yang rutin dilakukan – bisa memberikan begitu banyak manfaat untuk Moms, lho!

Apa saja ya manfaat senam hamil secara rutin bagi para ibu hamil, termasuk Moms? Simak penjelasannya di sini, yuk! Selamat membaca!

1.    Menyediakan energi untuk tubuh.

Siapa bilang berolahraga hanya menghabiskan energi? Justru kebalikannya, berolahraga secara teratur malah bisa membuat tubuh Moms lebih bertenaga saat menjalankan aktivitas sehari-hari, lho!

Manfaat ini juga bisa Moms rasakan saat hamil sekalipun. Pasalnya, olahraga bisa membuat tubuh selalu dan semakin bugar. Di samping itu, beberapa gerakan senam juga dilakukan untuk melatih otot, yang dalam jangka panjang bisa menunjang kebugaran tubuh. Untungnya, untuk menunjang kenyamanan selama senam, Moms bisa kenakan baju hamil nyaman untuk berolahraga.

2.    Risiko komplikasi selama kehamilan yang lebih rendah.

Selama kehamilan, ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa memicu terjadinya komplikasi. Contohnya diabetes gestasional dan preeclampsia. Komplikasi tersebut bisa menyebabkan adanya masalah kesehatan bukan hanya pada diri Moms, tapi juga pada janin Moms, lho! Tak jarang, komplikasi yang dibiarkan saja tanpa tertangani bisa mengakibatkan keguguran.

Efek positif olahraga, termasuk senam hamil, yang dilakukan secara teratur selama kehamilan sudah dibuktikan dalam penelitian, kok.

Di dalam sebuah studi, diketahui bahwa ibu hamil yang mengalami diabetes gestasional dan teratur berolahraga sebanyak tiga kali per minggu mengalami penurunan risiko bayi lahir dengan berat badan berlebih sebanyak 54%, serta penurunan risiko persalinan caesar sebesar 34%.

3.    Bantu atasi stress dan meningkatkan mood.

Secara umum, olahraga telah terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan produksi kadar serotonin, yaitu zat kimia yang diproduksi oleh otak dan berkaitan erat dengan suasana hati yang bahagia atau gembira.

Dengan begitu, Moms bisa menghindari stres dan menjaga mood selalu baik sepanjang kehamilan, yang pasti bermanfaat bagi fisik maupun kondisi janin di dalam kandungan.

4.    Meredakan rasa tak nyaman selama kehamilan.

Kehamilan biasanya juga menMomsi hadirnya berbagai masalah fisik seperti sakit punggung, perut kembung, sembelit, hingga pembengkakan, terutama pada bagian kaki. Hal tersebut dikarenakan perubahan fisik hingga hormon yang pasti memengaruhi kondisi Moms.

Untungnya, berbagai masalah yang menyebabkan rasa tak nyaman sepanjang kehamilan bisa diredakan lewat berolahraga, termasuk senam hamil. Sebab, olahraga bukan hanya bisa menjaga tubuh aktif bergerak, tapi juga memperlancar peredaran darah ke seluruh bagian tubuh.

Ayo, rajin olahraga ya moms. semangat mommies XOXO

X
WhatsApp Chat with us