4 (Empat) Jenis Buah yang Wajib Dikonsumsi Bumil

4 (Empat) Jenis Buah yang Wajib Dikonsumsi Bumil

4 (Empat) Jenis Buah yang Wajib Dikonsumsi Bumil

Hi moms, siapa nih yang males makan buah saat hamil hayoo…

Jangan malas ya Moms menjaga asupan makan sudah menjadi sebuah keharusan bagi bumil. Karena makanan yang Moms santap bukan lagi untuk konsumsi sendiri, melainkan juga bersama janin dalam rahim. Kalau sampai sembarangan, kualitas kesehatan Moms dan sang jabang bayi bisa menurun.

Buah adalah salah satu jenis makanan yang direkomendasikan. Kandungan vitamin, mineral, dan zat-zat menyehatkan di dalamnya dinilai mampu menunjang tumbuh kembang anak. Moms sebagai ibu hamil pun bakal jarang merasakan keluhan. Lantas, apa saja jenis buah yang sebaiknya dikonsumsi perempuan yang sedang hamil?

  1. Pisang

Buah kuning dan favorit semua orang yang ini memang punya reputasi bagus buat para ibu hamil. Wajar saja mengingat pisang kaya akan zat besi yang dapat mencegah Moms dari kekurangan darah (anemia). Kalori di dalam buah berdaging lembut ini pun dapat Moms manfaatkan sebagai sumber energi alternatif, terutama saat Moms sedang sering mengalami morning sickness.

  1. Mangga

Sebagian besar bumil pasti pernah ngidam makan mangga. Faktanya, mangga bagus untuk menjaga kesehatan Moms selama mengandung. Kalium dalam mangga akan mengendalikan tekanan darah maupun cairan dalam tubuh. Sementara vitamin C akan melindungi Moms dari serangan radikal bebas dan vitamin A untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga sistem saraf pada bayi.

  1. Jeruk

Hampir 90% kandungan dalam jeruk merupakan air yang bakal memenuhi kebutuhan cairan buat bumil. Hal ini sangat penting mengingat di masa kehamilan, Moms bakal rentan mengalami dehidrasi. Lalu, asam folat dalam jeruk bermanfaat untuk membantu perkembangan sumsum tulang belakang hingga otak janin dalam kandungan, sehingga tak akan cacat saat lahir.

  1. Alpukat

Buah yang satu ini merupakan sumber asam folat, vitamin, dan kalium terbaik yang bisa Moms konsumsi selama hamil.

Mengonsumsi alpukat juga bakal membantu Moms meredakan morning sickness hingga menunjang perkembangan sistem saraf, otak, serta jaringan janin. Namun, bumil disarankan untuk menyantap alpukat satu buah sehari saja.

Tip makan buah yang aman buat bumil

Ada kalanya makan buah bikin bosan, apalagi kalau jenisnya hanya itu-itu saja. Supaya konsumsi buah tak berhenti, yuk kita siasati dengan cara-cara di bawah ini:

  • Jadikan buah sebagai kudapan atau camilan, misalnya dengan menjadikannya salad. Tambahkan plain yogurt sebagai perasa;

  • Buah-buahan seperti pisang, apel, dan stroberi bisa Moms manfaatkan sebagai tambahan pada sereal, panekuk, maupun roti. Siapkan sebagai sarapan untuk mengisi energi setelah Moms menghadapi morning sickness;

  • Olah buah-buahan kesukaan Moms menjadi jus dan smoothie. Sebisa mungkin, jangan pakai gula atau pemanis lain yang berpotensi melonjakkan gula darah. Pilih buah yang manis alami atau campurkan dengan madu murni.

Selamat menikmati buah favorit Moms untuk menjaga kehamilan!

X
WhatsApp Chat with us