4 (Empat) Fakta Unik Periode Trimester Akhir Kehamilan

4 (Empat) Fakta Unik Periode Trimester Akhir Kehamilan

4 (Empat) Fakta Unik Periode Trimester Akhir Kehamilan

Hi bumil yang sedang menjalani kehamilan trimester ketiga nih…..perut semakin membesar. Kok mager yah……

Trimester ketiga alias trimester akhir kehamilan bukan hanya berarti perut yang semakin besar, lho!

Selain itu, sebenarnya ada beberapa hal menarik yang terjadi selama trimester akhir kehamilan, yuk kita simak penjelasannya di sini :

Perkembangan Janin di Usia 7 Bulan Kehamilan

Begitu memasuki bulan ke-7 kehamilan, janin Moms masih berada dalam tahap penyempurnaan fisik menjelang persalinan. Dibandingkan sebelumnya, kulit janin sudah tidak begitu keriput dan warna kulit menjadi agak kemerahan.

Di samping itu, tubuh janin juga sudah mampu menyimpan beberapa jenis nutrisi penting seperti kalsium dan zat besi. Kemudian, ketika kehamilan Moms sudah memasuki usia 28 minggu, umumnya janin sudah mulai bisa mendengar suara dari dunia luar yang ia dengar dari dalam kandungan, serta memberikan respon terhadap suara yang didengar tersebut lewat gerakan.

Perkembangan Janin di Usia 8 Bulan Kehamilan

Pada masa ini, umumnya bayi di dalam kandungan sudah mencapai berat badan yang cukup ideal untuk persalinan. Selain itu, lanugo alias rambut halus yang ada pada tubuh janin pun telah mulai menghilang. Kondisi kulitnya juga jadi lebih halus, warnanya berubah jadi merah muda, dan sedikit tertutupi oleh zat vernix berwarna putih.

Selama periode kehamilan di usia 8 bulan, janin Moms masih terus mengembangkan sistem imun atau kekebalan tubuhnya. Hal ini bertujuan untuk melawan beberapa masalah kesehatan yang mungkin bisa menyerang ketika bayi lahir nanti.

Perkembangan Janin di Usia 9 Bulan Kehamilan

Begitu memasuki minggu ke-37 usia kehamilan, pada dasarnya tubuh maupun organ janin di dalam kandungan Moms telah terbentuk dengan sempurna. Rambut si bayi telah tertutup oleh rambut halus, bagian kelaminnya sudah terbentuk, dan kukunya sudah tumbuh panjang. Bukan hanya itu, kondisi kulit baji juga jadi lebih fleksibel mendekati persalinan lantaran mulai berkurangnya lapisan lemak yang menutupi tubuh calon buah hati Moms di dalam rahim.

Perubahan dan perkembangan lain juga ditunjukkan oleh kemampuan bayi untuk mendengar dan melihat di dalam rahim. Di samping itu, berat badannya juga akan meningkat secara signifikan pada periode ini, yang jadi alasan mengapa Moms barangkali akan merasa begitu BESAR begitu usia persalinan semakin mendekat.

Pergerakan Bayi dalam Rahim Melambat

Semakin dekat masa persalinan, pergerakan bayi di dalam janin umumnya akan berkurang. Hal ini sebenarnya sangat alami, karena tubuh janin yang sudah berkembang berarti ada lebih sedikit ruang di dalam perut untuk bergerak. Di samping itu, kondisi ini sebenarnya menunjukkan perlambatan gerakan bayi, bukannya penurunan frekuensi atau jumlah gerakan.

Semangat menuju hari H ya moms, semoga dilancarkan proses persalinannya…amin.

X
WhatsApp Chat with us