4 (Empat) Cara Ayah Mendukung Bumil Selama Masa Kehamilan

4 (Empat) Cara Ayah Mendukung Bumil Selama Masa Kehamilan

4 (Empat) Cara Ayah Mendukung Bumil Selama Masa Kehamilan

Bagi pasangan suami istri yang berencana mempunyai anak, kehamilan adalah salah satu momen yang paling dinanti-nantikan. Istri akan memegang peran paling besar karena mengandung. Belum lagi berbagai keluhan dan gangguan yang nantinya akan dihadapi.

Namun, dukungan penuh dari suami akan membuat istri lebih kuat dan siap melewati masa kehamilan selama sembilan bulan.

Sebagai pasangan yang bertanggung jawab, apa saja peran yang bisa dilakukan suami untuk mendukung kehamilan istrinya?

  1. Berikan dukungan-dukungan praktis

Rata-rata perempuan menganggap periode kehamilan sebagai fase melelahkan akibat keterbatasan energi dan ruang gerak. Mereka harus mengonsumsi lebih banyak makanan sekaligus menjaga kesehatan agar janin berkembang dengan baik. Belum lagi perubahan hormon yang membuat kondisi psikologis kurang stabil.

Apa yang perlu dilakukan suami dalam situasi seperti ini? Moms dapat menunjukkan dukungan-dukungan praktis seperti membersihkan rumah, memasak, atau mencuci pakaian. Mengambil alih tugas domestik akan sangat meringankan beban, khususnya saat istri melewati trimester kesatu.

  1. Bantu kebutuhan nutrisi istri saat hamil

Ayah mungkin merasa bingung dan kewalahan saat istri tak mau makan apa-apa di awal masa kehamilan. Meski demikian, ayah harus memastikan asupan nutrisinya tetap terpenuhi. Oleh karena itu, suami juga perlu mempelajari jenis makanan, minuman, hingga obat yang aman untuk dikonsumsi istri.

Setelah memiliki informasi tersebut, ayah dapat berbelanja bahan makanan yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Ketersediaan bahan makanan selama istri hamil akan memudahkannya mengolah makanan tanpa harus bolak-balik ke minimarket atau pasar. Jika memungkinkan, ayah dapat membantu istri memasak makanan kesukaannya.

  1. Perlihatkan dukungan sosial dan emosional

Perubahan fisik maupun kondisi emosional kadang membuat istri tak nyaman dengan kehamilannya. Sebagai orang terdekat, suami harus memberikan dukungan agar istri mampu melewati hari-harinya sebagai calon ibu. Bentuknya pun beragam dan bisa diaplikasikan sesuai kebutuhan.

Walaupun hanya sekedar mendengar setiap keluhan yang istri ceritakan, lalu berikan semangat saat dia mulai merasa down. Ciptakan suasana menyenangkan sekaligus menenangkan agar istri bisa menjaga kandungannya dengan baik di rumah.

  1. Temani istri dan siapkan kebutuhannya

Selama hamil, istri akan melewati sejumlah pemeriksaan. Kehadiran suami secara tak langsung akan membuatnya lebih siap menghadapi hasil apa pun mengenai perkembangan janin. Ingatkan pula kepada istri jika ada janji pemeriksaan beberapa hari sebelumnya supaya tak  terlewat.

Keberadaan suami semakin dibutuhkan saat masa persalinan semakin dekat. Dalam hal ini, ayah bisa mulai mempersiapkan kebutuhan seperti membeli baju menyusui, pakaian bayi, baju ganti, popok, hingga dekorasi kamar bayi nantinya.

Dengan informasi ini, Anda sebagai suami atau calon ayah diharapkan lebih siap mendampingi istri di masa kehamilannya. Jadi Anda dan istri mampu melewatinya tanpa banyak beban. Selamat menjadi calon Ayah !

X
WhatsApp Chat with us